Kamis, 06 Oktober 2016

LAPORAN PRAKTIK KERJA BISNIS 2016 PENDIDIKAN AKUNTANSI (A210140233)



LAPORAN
PROGRAM PRAKTIK KERJA BISNIS
DI PT.AKSARA SOLOPOS
JL. ADI SUCIPTO NO. 190 SOLO

Description: https://oviefendi.files.wordpress.com/2011/12/logo-ums-baru.jpg

Disusun untuk melengkapi tugas-tugas dan memenuhi syarat-syarat guna menempuh ujian Program Praktik Kerja Bisnis di PT. Aksara Solopos
Oleh :
ANISAK NURUL MUVIT
A210140233

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016

  




 KATA PENGANTAR
بسم الله الرحمن الرحيم
Assalamu’alaikum Wr. Wb                                  
            Puji dan syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT berkat limpahan rahmat serta karunia-Nya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan tugas berupa laporan hasil praktik kerja bisnis yang dilaksanakan di PT. Aksara Solopos selama satu bulan yang dimulai sejak tanggal 01 Agustus - 03 September 2016.
Penulisan laporan ini tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan terimakasih kepada:
1.      Orang tua tercinta yang tidak lelah memberikan dukungan, baik moriil maupun materiil serta doa yang senantiasa dipanjatkannya.
2.      Bambang Natur Rahadi selaku Pemimpin Perusahaan di PT. Aksara Solopos yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan magang.
3.      Muh Choiril Asmawan SE, M.Pd selaku dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan kepada kami.
4.      Dra. Titik Asmawati, M.Si selaku Ketua Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
5.      Seluruh karyawan PT. Aksara Solopos yang telah membantu kami dalam memberikan pengarahan dan menyelesaikan pekerjaan.
6.      Teman-teman mahasiswa magang di PT. Aksara Solopos atas bantuan dan kerjasamanya selama kegiatan magang berlangsung.

Semoga kebaikan yang mereka berikan kepada kami dalam menyelesaikan laporan ini mendapatkan pahala dari Allah SWT. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang membangun demi perbaikan dimasa yang akan datang.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi pembaca.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb







HALAMAN PENGESAHAN

Telah disetujui dan disahkan untuk digunakan sebagai laporan pelaksanaan Praktik Kerja Bisnis di PT. Aksara Solopos oleh Pemimpin Perusahaan, Dosen Pembimbing dan Kepala Program Studi Pendidikan Akuntansi pada :
Hari                 :
Tanggal           :


Surakarta,   September 2016

Menyetujui,
Dosen Pembimbing Magang                                       Pemimpin Perusahaan

Muh. Choiril Asmawan,SE.,M.Pd.                             Bambang Natur Rahadi
                                                                       

Mengetahui,
Kepala Program Studi Pendidikan Akuntansi


Dra. Titik Asmawati,SE.,M.Si









DAFTAR ISI
                                                                                                        
JUDUL......................................................................................................... i
PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN.................................................. ii
KATA PENGANTAR................................................................................ iii
DAFTAR ISI................................................................................................ iv

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang................................................................................... 1
B.     Tujuan Praktek Kerja Bisnis (PKB)................................................... 2
C.     Manfaat Praktek Kerja Bisnis............................................................ 2
D.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan........................................................ 3
BAB II TINJAUAN UMUM PT. AKSARA SOLOPOS
A.    Profil Perusahaan (Sejarah Singkat Perusahaan)................................ 4
B.     Struktur Organisasi/Perusahaan (Secara Umum)............................... 6
BAB III TINJAUAN KHUSUS DAN DESKRIPSI PEKERJAAN
A.    Struktur Organisasi Bagian................................................................ 10
B.     Sistem dan Prosedur kerja................................................................. 10
C.     Deskripsi kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang.................... 13
D.    Tinjauan manfaat yang diperoleh selama kegiatan magang............... 15
BAB IV PENUTUP
A.    Kesimpulan........................................................................................ 16
B.     Saran.................................................................................................. 16
LAMPIRAN................................................................................................. 17








BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini seorang mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan akademis maupun kemampuam non akademis. Kemampuan akademis diperoleh dari kegiatan akademis dari berbagai instansi pendidikan. Sedangkan kemampuan non akademis dapat diperoleh dari kegiatan ekstra diluar kegiatan akademis seperti kemampuan berorganisasi. Kemampuan berorganisasi merupakan bekal bagi seseorang untuk nantinya melalui dunia kerja. Karena dalam dunia kerja kita dituntut untuk mampu berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerjasama dengan orang lain.
Dalam berorganisasi tidak hanya dapat diperoleh dari dunia pendidikan tetapi juga dapat diperoleh dari dunia kerja. Melalui dunia kerja mahasiswa dapat belajar dan secara langsung melihat dan mengamati segala hal yang berhubungan dengan dunia kerja. Oleh karena itu Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja Bisnis (PKB) yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa kepada dunia kerja. Praktik kerja bisnis (PKB) merupakan mata kuliah dan sebagai bagian dari kurikulum baru tahun 2015 yang telah ditetapkan oleh Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta untuk dilaksanakan mulai tahun akademik 2015/2016 (Keputusan Rektor UMS, Nomor: 133/II/2015 tentang pemberlakuan kurikulum baru (Kurikulum mengacu KKNI). Dalam dunia bisnis tenaga ahli madya akuntansi dituntut memiliki dasar kemampuan dalam mengolah sistem informasi sejak persiapan atau perencanaan penyusunan informasi, pelaksanaan, sampai dengan penyajian atau pelaporan informasi yang berkaitan denagn akuntansi atau manajemen bidang lain.
Praktek Kerja Bisnis (PKB) dilaksanakan dengan cara latihan kerja (magang), untuk memberikan pengetahuan pada mahasiswa bagaimana cara mengelola sistem informasi (Akuntansi) bagian keuangan, pembelian, produksi, pemasaran dan personalia. Praktek Kerja Bisnis (PKB) dapat dilaksanakan di berbagai instansi, baik swasta maupun pemerintah dan lembaga yang berorientasi pada profit maupun lembaga non profit. Tetapi tidak dibenarkan pada lembaga pendidikan SLTA ke bawah.

B.     Tujuan Praktik Kerja Bisnis
Adapun tujuan dari Praktek Kerja Bisnis antara lain :
a.       Tujuan Umum
Untuk memenuhi syarat mata kuliah Praktek Kerja Bisnis semester lima dan dapat mengetahui secara langsung dunia kerja.

b.      Tujuan Khusus
§  Menambah pengalaman sebagai bekal di dunia kerja.
§  Mahasiswa dapat mengidentifikasi hasil pengelolaan kinerja karyawan.
§  Mahasiswa dapat memberikan tanggapan terhadap persoalan yang ada di perusahaan.
§  Mahasiswa dapat mempraktekkan teori-teori ekonomi akuntansi yang telah di pelajari.

C.    Manfaat Praktik Kerja Bisnis
a.       Memperoleh praktek langsung tentang manajemen pengelolaan.
b.      Mendapatkan konsep pemikiran yang terpadu yang mampu menerapkan teori dan praktek dalam menganalisa suatu sistem kerja.
c.       Mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang syarat dengan efisienitas dan disiplin.
d.      Memperoleh praktek kerja langsung lapangan dalam rangka menerapkan disiplin ilmu yang telah dipelajari dan pengetahuan yang telah diterima selama kuliah.


D.    Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Praktik Kerja Bisnis dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu pada bulan Agustus dan September. Adapun waktu pelaksanaan Praktik Kerja Bisnis sebagai berikut :
a)      Pelaksanaan Praktik Kerja Bisnis dilaksanakan pada :
Waktu                   : 01 Agustus - 03 September 2016
Tempat                  : PT. Aksara Solopos
Divisi/Bagian        : Sekretariat Redaksi
Alamat                  : Jl. Adi Sucipto No. 190 Solo
b)      RincianWaktu
Senin – Jum’at      : 10.00 – 18.00 WIB
Sabtu                     : 08.00 – 14.00 WIB
Minggu                  : Libur






BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN

A.    Profil Perusahaan
1.      Sejarah Solopos
      Solopos adalah surat kabar harian pagi yang terbit di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Harian ini terbit pertama kali pada September 1997. Penerbitnya adalah PT Aksara Solopos yang juga menguasai saham percetakan PT Solo Grafika Utama, Radio Solopos FM, dan tabloid olahraga Arena. Sejak Bulan Mei/Juni, tabloid olahraga Arena tidak diterbitkan lagi. Koran terbesar di eks-Karesidenan Surakarta ini didirikan oleh PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit harian Bisnis Indonesia) yang kini menguasai 80% saham. Selebihnya dimiliki oleh karyawan PT Aksara Solopos.
      Dalam perkembangannya, Solopos telah mengalami perubahan sebanyak empat kali. Pertama kali terbit pada 19 September 1997, Harian Umum Solopos tampil dengan logo huruf Solopos dengan warna hitam, jumlah kolom 9 dan menggunakan huruf judul times center. Kemudian pada tanggal 24 September 2004, Harian Umum Solopos berubah untuk kali kedua dengan logo huruf.
      Solopos berubah warna menjadi biru menyesuaikan dengan corporate color, jumlah kolom 9 dan huruf judul menggunakan impact rata kiri. Perubahan ketiga terjadi pada tanggal 1 Agustus 2005, yakni dengan berkurangnya jumlah kolom menjadi 8 kolom, huruf judul times rata kiri, namun logo huruf Solopos masih menggunakan warna yang sama yakni biru. Kemudian perubahan keempat terjadi pada tanggal 1 Januari 2006, di mana Harian Umum Solopos tampil dengan 24 halaman yang terbagi menjadi 2 bagian yakni nasional dan lokal. Penambahan halaman dilakukan untuk melebarkan sayap khususnya di wilayah eks-Karesidenan Surakarta. Selain itu, hal itu juga untuk memperkaya konsumsi informasi bagi para pembacanya. Harian Umum Solopos membagi polanya ke dalam dua kategori yakni edisi harian dan edisi Minggu.
      Perbedaan keduanya terletak pada cara penyajian informasinya. Edisi harian menekankan informasi-informasi yang bersifat aktual, sedangkan untuk edisi Minggu informasi-informasi yang dihadirkan lebih bersifat ringan dan berkaitan dengan kejadian-kejadian setiap hari yang dihadapi para pembaca.

2.      Sejarah Solopos.com
      Solopos.com bagian dari pengembangan Solopos yang terbit di Solo, Jawa Tengah, Indonesia. Portal www.solopos.com, diluncurkan di Solo pada 19 September 2007 bertepatan dengan HUT Ke-10 Harian Umum Solopos. Solopos.com tak hanya menghadirkan kabar tercepat dan terkini di Soloraya, namun juga informasi di berbagai wilayah Nusantara hingga belahan dunia juga disajikan dengan simple, mencerdaskan (smart) dan enak dibaca.
Alamat : Griya Solopos Jl Adisucipto 190 Solo 57145 Telepon (0271) 724 811 Fax Redaksi (0271) 724 833 Fax Perusahaan (0271) 724850.

3.      Sejarah Solopos FM
      PT. Solo Audio Utama (Solopos FM) mengudara untuk siaran percobaan bulan April tahun 2004. Kemudian pada tanggal 3 Mei, mengalami perpindahan  frekuensi dari awalnya 97,75 FM ke 103,00 FM. Radio Solopos FM hadir di kota  Solo dengan mengikrarkan sebagai radio berita (news), dengan call station Solopos FM, berpositioning Jendela Informasi Terkini, dengan panggilan pendengar (call listening). Dengan menetapkan target pendengar pada usia 27 hingga 45 tahun untuk main, dan 25 hingga 50 tahun untuk spread, radio ini hadir dengan status social ekonomi menengah atas, yang terdiri dari professional, pengusaha swasta, dan para pengambil keputusan. Sejak diudarakan dari tahun 2004 hingga kini radio Solopos FM, selalu berusaha menyajikan acara-acara yang berkelas, yang sesuai dengan format stationnya dan target pendengar yang sudah ditetapkan.

4.      Visi dan Misi Solopos
      Visi Solopos adalah penyaji informasi utama, terpercaya dengan pengelolaan usaha yang profesional. Sedangkan misi dari Solopos yaitu membentuk sumber daya manusia yang kompeten dan bermoral, selalu menyajikan informasi yang berimbang, akurat dan unggul dan mensejahterakan stakeholders Solopos.

B.    Struktur Organisasi Perusahaan
Pemimpin Umum                    : Prof Dr. H. Sukamdani S. Gitosardjono
Direktur Utama                       : Lulu Terianto
Direktur                                   : Bambang Natur Rahadi

Redaksi
Pemimpin Redaksi                  :  Suwarmin
Redaktur Pelaksana                :  Abu Nadhif, Rini Yustiningsih
Redaktur Senior                      :  Mulyanto Utomo
            Dewan Redaksi                       : Ahmad Djauhar, Arief, Bayu, Adhitya,                                     Anton
Redaktur                                 : Adib Masfar, Ahmad Mufid Ariyono, Alvari Kunto Prabowo, Anik Sulistiawati, Astrid Prihatini Wisnudewi, Ayu Prawitasari, Burhan Aris Nugroho, Danang Nur Ikhsan, Haryono Wahyudiyanto, Ichwan Prasetyo, Ivan Indra Kesuma, Kalet Hasby, Ashs Hidiqy, Mugi Suryono, Rahmat Wibisono, Ariyanta, R. Bambang Aris S, Rahmah Ermawati, Syifaul Arifin, Suharsih, Tika Sekar Arum, Tri Wiharto, Yonantha Candra Permana.

Staff Redaksi                          : Abdul Jalil, Akhmad Ludiyanto, Aries Susanto, Arif Fajar, Aziska Rifiastuti, Chrisna Chaniscara, Farida, Trisnaningtyas, Hanifah Kusumastuti, Ika Yuniati, Indah Septyaning, Irawan Sapto, Iskandar, Ivan Andi, Mahardini Nur Afifah, Mariana Riki, Oriza Filosa, Septia Ryanthie, Shoqib, Tutut Indrawati.

Foto                                         : Ivanovich Aldiano, Sunaryo Haryo Bayu
Sekretariat Redaksi                 : Sri Handayani, Sugiman, Hayu Sulistyani
Manajer Litbang Dan Pusdok : Sholahuddin
Asisten Manajer Layout          : Andhi Susanto
Pengembangan Redaksi          : Damar Sri Prakoso, Ariyanto

Divisi Bisnis
Manajer Iklan                          : Wahyu Widodo
Manajer Sirkulasi                    : Franky Simon
Manajer EO                             : Dewi Lestari
Manajer Promosi                     : Amir Tohari

Divisi IT
Manajer                                   : Trio Andrianto
Tim TI                                     : Budi Cahyono, Yeyen Pamula

Karyawan Solopos dibagi menjadi 2 bagian, dan tiap bagian tidak boleh ikut campur satu sama lainnya. Tiap bagian bertanggung jawab pada bagiannya masing-masing. Yaitu bagian Perusahaan dan Redaksi.

Divisi-divisi pada perusahaan Solopos :
1.      Divisi Marketing
Bertugas dalam mencari iklan yang masuk di Solopos, untuk dikenalkan kepada masyarakat. Segala iklan yang masuk di solopos di tangani oleh bagian marketing.Marketing solopos terdiri dari: 1. Koran, 2. Situs web(.com), 3. Radio (Solopos FM), 4. Solopos TV

2.      Divisi Sirkulasi
Menghandle segala kegiatan yang berkaitan dengan penjualan dan pendistribusian, percetakan dan pemesanan. Sistem penjualan Solopos diserahkan ke agen-agen dan tidak dijual ke perorangan. Sistem pemesanan oleh agen dilayani maksimal jam 11 malam dan sistem pembeliannya jual putus. Sehingga agen yang telah membeli tidak dapat menukar ataupun mengembalikan Koran kepada Solopos. Pemesanan tiap harinya bisa berubah-ubah, tergantung pada permintaan dan pemesanan agen.
Peramalan yang digunakan tergantung pada pemesanan agen, jadi Solopos tidak pernah mengalami kelebihan produk atau pengembalian produk dan kekurangan produk. Koran yang tersisa bukan karena pengembalian, tetapi karena miss print atau kerusakan saat pencetakan Koran.
Pemesanan Koran dilayani dibagian sirkulasi, yang kemudian dilaporkan ke bagian produksi. Bahan baku Koran sendiri berupa kertas dan di supply dari pabrik yang ada di Surabaya tiap harinya, sehingga berapapun pesanan Koran, Solopos selalu siap sedia tidak pernah kekurangan bahan baku. Percetakan Solopos tidak hanya mencetak Koran Solopos, namun juga mencetak Harian Jogja. Proses percetakan dilakukan pada malam hari, dimulai dari jam 11 sampai jam 3 dini hari. Pada jam kerja diwaktu siang Percetakan Solopos membuka jasa percetakan untuk umum, semisal pada pembuatan LKS, Al-Qur’an, maupun buku.

3.      Divisi Promosi
Bertanggung jawab untuk menjalin kerjasama dengan instansi lainnya. Dan pengajuan proposal kerjasama apapun ditangani oleh bagian Promosi. Divisi promosi merupakan divisi supporting yang dinilai untuk mencapai target penjualan, dan membantu pengiklan agar tercapai targetnya.

4.      Divisi Keuangan
Mengatur perputaran keuangan tiap harinya pada perusahaan, uang masuk dan uang keluar diatur pada divisi ini.

5.      Divisi Umum
Mengatur kebutuhan rumah tangga kantor dan peralatannya, seperti meja, kursi, computer baru, keperluan MMT, Souvenir dan lain-lain.


BAB III
TINJAUAN KHUSUS DAN DESKRIPSI PEKERJAAN

A.    Struktur Organisasi Bagian
Berikut gambar struktur organisasi bagian Sekretariat Redaksi
 
      Manajer Sekred
 



Staff Sekred                                                    Staff Setter

Keterangan :
Manajer Sekretariat Redaksi   : Sri Handayani
Staff Sekretariat Redaksi        : Hayu Sulistiani
Staff Setter                              : Sugiman

B.     Sistem dan Prosedur Kerja
      Berdasarkan ruang lingkup sistem prosedur kerja atau tugas sekretaris dikelompokkan menjadi 8 (delapan) yaitu:
a.       Tugas-tugas Rutin
Yaitu tugas-tugas yang dikerjakan setiap hari tanpa perintah. Tugas ini meliputi:
1)      Membuka surat.
2)      Menerima tamu.
3)      Menerima telepon.
4)      Menyimpan arsip/surat.
5)      Menyusun dan membuat jadwal kegiatan pimpinan.

b.      Tugas-tugas Khusus
Yaitu tugas yang diperintahkan langsung oleh pimpinan kepada sekretaris dengan penyelesaiannya secara khusus. Tugas ini diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa tugas sekretaris mampu menyimpan rahasia perusahaan. Tugas ini meliputi:
1)      Mengonsep surat perjanjian kerjasama dengan relasi atau instansi luar.
2)      Menyusun surat rahasia (confidential).
3)      Menyusun acara pertemuan bisnis.
4)      Pembelian kado atau cindera mata.

c.       Tugas-tugas istimewa
Yaitu tugas yang menyangkut keperluan pimpinan, antara lain:
1)      Membetulkan letak atau posisi alat tulis pimpinan serta perlengkapan yang diperlukan.
2)      Mewakili seseorang menerima sumbangan untuk dana atau keperluan kegiatan lainnya.
3)      Mengingatkan pimpinan membayar iuran atau asuransi dari suatu badan atau instansi.
4)      Memeriksa hasil pengumpulan dana atau uang muka dari instansi yang diberikan sebagai dana kesejahteraan.
5)      Menghadiri rapat-rapat dinas, sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan bisnis.
6)      Mengadakan pemeriksaan peralatan kantor, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak perlu diperbaiki atau penambahan alat-alat dan sarana kantor.


d.      Tugas Sosial
Tugas sosial, meliputi:
1)      Mengurusi Rumah tangga kantor.
2)      Mengatur penyelenggaraan acara kantor beserta pengurusan undangannya.

e.       Tugas Keuangan
Biasanya sekretaris mengurusi keuangan yang dinamakan petty cash (uang cadangan/kas kecil). Tugas keuangan ini antara lain:
1)      Menangani urusan keuangan pimpinan di Bank, misalnya: penyampaian penyimpanan uang di Bank, penarikan cek, pengambilan uang dari Bank.
2)      Membayar rekening-rekening, pajak, sumbangan dana atas nama pimpinan.
3)      Menyimpan catatan pengeluaran sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan dana untuk keperluan sehari-hari.

f.       Tugas Resepsionis
Tugas sekretaris sebagai resepsionis, yaitu:
1)      Menerima dan menjawab telepon serta mencatat pesan-pesan lewat telepon.
2)      Menerima tamu yang akan bertemu dengan pimpinan.
3)      Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
4)      Menyusun acara kerja sehari-hari pimpinan.

g.      Tugas incidental
Merupakan tugas yang tidak rutin dilakukan oleh sekretaris meliputi:
1)      Menyiapkan agenda rapat, menyiapkan laporan, menyiapkan pidato atau pernyataan pimpinan.
2)      Membuat ikhtisar dari berita-berita dan karangan yang termuat dalam surat kabar, majalah, brosur, dan media-media lain yang ada kaitannya dengan kepentingan perusahaan.
3)      Mengoreksi bahan-bahan cetakan, misal: brosur, undangan, formulir, dan daftar yang dikonsep oleh perusahaan.
4)      Mewakili pimpinan dalam berbagai resepsi atau pertemuan.

h.      Tugas sekretaris dalam Business Meeting (pertemuan bisnis)
Pertemuan bisnis (Business Meeting) ini terjadi ketika dua orang atau lebih saling menerima dan memberi sesuatu berupa informasi, menyimak kembali kemajuan, memecahkan masalah dan menciptakan yang baru. Tugas inilah yang cukup berat dan melelahkan bagi sekretaris untuk mengorganisir pertemuan-pertemuan tersebut.

C.    Deskripsi kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang

NO
TANGGAL
AKTIVITAS MAGANG
1.
1 Agustus 2016
Perkenalan pekerjaan selama magang di sekretariat redaksi Solopos.
2.
2 Agustus 2016
Input Press Release dan mendistribusikan kepada redaktur yang bersangkutan, serta memasukkan agenda harian
3.
3 Agustus 2016
Input honor atas naskah yang telah dimuat dalam rubrik Solopos
4.
4 Agustus 2016
Menerima Press Release dari beberapa institusi dan perusahaan untuk meminta liputan
5.
5 Agustus 2016
Menerima Press Release, serta memasukkan kedalam agenda harian
6.
6 Agustus 2016
Menerima dan mengecek naskah gagasan, mingguan yang akan dimuat dalam koran solopos
7.
7 Agustus 2016
Libur
8.
8 Agustus 2016
Input honor TTS/TTSB dan OAG
9.
9 Agustus 2016
Menerima tawaran dari pihak yang akan mengeluarkan iklan pada koran solopos.
10.
10 Agustus 2016
Menerima dan mengecek naskah gagasan yang akan dimuat pada Koran
11.
11 Agustus 2016
Menerima kunjungan dari The Sunan Hotel
12.
12 Agustus 2016
Input Press Release dan mendistribusikan kepada redaktur yang bersangkutan, serta memasukkan agenda harian
13.
13 Agustus 2016
Menerima dan mengecek nota pengeluaran atas naskah
14.
14 Agustus 2016
Libur
15.
15 Agustus 2016
Mengitung honor naskah mingguan dan harian
16.
16 Agustus 2016
Mengklarifikasi honor kepada penerima honor naskah
17.
17 Agustus 2016
Libur
18.
18 Agustus 2016
Melayani panggilan telepon dan melakukan hubungan langsung ke narasumber untuk kepentingan wawancara atas permintaan reporter dan redaktur
19.
19 Agustus 2016
Menata dan mengatur undangan dari instansi perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan pemberitaan
20.
20 Agustus 2016
Menghitung honor naskah atas pph pasal 21
21.
21 Agustus 2016
Libur
22.
22 Agustus 2016
Menerima dan membukukan setoran kas yang masuk
23.
23 Agustus 2016
Memperbanyak dokumen yang dibutuhkan reporter dan redaktur
24.
24 Agustus 2016
Menghubungi sumber berita atau instansi untuk pendaftaran, konfirmasi, atau pembatalan undangan, wawancara, dan kunjungan kerja
25.
25 Agustus 2016
Menerima kunjungan dari ombudsman
26.
26 Agustus 2016
Menyimpan salinan kartu pers dan foto untuk mensupport kebutuhan kerja para wartawan dalam meliput suatu acara
27.
27 Agustus 2016
Menerima dan mengecek kembali nota pengeluaran reporter dan penulis naskah
28.
28 Agustus 2016
Libur
29.
29 Agustus 2016
Menerima Press Release, memasukkan kedalam agenda harian
30.
30 Agustus 2016
Menghitung honornaskah harian dan mingguan berdasarkan pph pasal 21
31.
31 Agustus 2016
Menyediakan peralatan kerja redaksi seperti : notebook, alat tulis, amplop, steples, tape, dsb
1.
1 September 2016
Menerima, melengkapi biodata penerima honor, dan mengecek nominal yang tertera
2.
2 September 2016
Menerima komplain dari pihak yang terkait dalam surat kabar solopos
3.
3 September 2016
Menerima kunjungan dari celebrity fitness dan putri pariwisata

D.    Tinjauan manfaat yang diperoleh selama kegiatan magang
1.      Memperluas pengetahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia kerja.
2.      Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja perusahaan.
3.      Mendapatkan konsep pemikiran yang terpadu yang mampu menerapkan teori dan praktek dalam menganalisa suatu sistem kerja.
4.      Mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang syarat dengan efisienitas, disiplin dan tanggung jawab.
5.      Memperoleh praktek kerja langsung lapangan dalam rangka menerapkan disiplin ilmu yang telah dipelajari dan pengetahuan yang telah diterima selama kuliah.

BAB IV
PENUTUP

A.    Kesimpulan
Dalam dunia bisnis tenaga Ahli Akuntansi dituntut memiliki dasar kemampuan dalam mengelola sistem informasi sejak persiapan/perencanaan penyusunan informasi, pelaksanaan, sampai dengan penyajian/pelaporan informasi yang berkaitan dengan akuntansi atau bidang manajemen lain serta mempunyai skill yang matang yang nantinya dapat diterapkan dalam dunia kerja. Pelajaran yang didapat di perkuliahan tidak cukup apabila tidak disertai dengan praktek.

B.     Saran
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Bisnis dan keterbatasan maka disarankan hal-hal sebagai berikut:
1)      Meningkatan sumber daya manusia secara keseluruhan agar pegawai mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan baik.
2)      PT. Aksara Solopos hendaknya memberi fasilitas yang memadai demi kemudahan dalam melakukan kegiatannya dan keseriusan karyawan.
3)      Praktek Kerja Bisnis yang diselenggarakan selain mendapatkan ilmu juga memperoleh  pengalaman kerja yang kelak dapat bermanfaat di lingkungan dunia kerja. Kegiatan itu bisa secara langsung dikerjakan oleh mahasiswa sesuai dengan bagian yang telah ditentukan.














LAMPIRAN












 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar