LAPORAN
PROGRAM PRAKTIK KERJA BISNIS
DI PT.AKSARA SOLOPOS
JL. ADI SUCIPTO NO. 190
SOLO
Disusun untuk melengkapi
tugas-tugas dan memenuhi syarat-syarat guna menempuh ujian Program Praktik
Kerja Bisnis di PT. Aksara Solopos
Oleh :
ANISAK NURUL MUVIT
A210140233
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN AKUNTANSI
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2016
KATA
PENGANTAR
بسم
الله الرØمن الرØيم
Assalamu’alaikum
Wr. Wb
Puji
dan syukur saya panjatkan ke hadirat Allah SWT berkat limpahan rahmat serta
karunia-Nya sehingga kami selaku penulis dapat menyelesaikan tugas berupa
laporan hasil praktik kerja bisnis yang dilaksanakan di PT. Aksara Solopos
selama satu bulan yang dimulai sejak tanggal 01 Agustus - 03 September 2016.
Penulisan laporan ini
tidak terlepas dari bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak. Oleh karena itu penulis mengucapkan
terimakasih kepada:
1.
Orang tua tercinta yang tidak lelah
memberikan dukungan, baik moriil maupun materiil serta doa yang senantiasa
dipanjatkannya.
2.
Bambang Natur Rahadi selaku Pemimpin
Perusahaan di PT. Aksara Solopos yang telah memberikan kesempatan
untuk melaksanakan magang.
3.
Muh Choiril Asmawan SE, M.Pd selaku
dosen pembimbing yang telah memberikan bimbingan kepada kami.
4.
Dra. Titik Asmawati, M.Si selaku Ketua Program Studi
Pendidikan Akuntansi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Surakarta.
5.
Seluruh karyawan PT. Aksara Solopos yang
telah membantu kami dalam memberikan
pengarahan dan menyelesaikan
pekerjaan.
6.
Teman-teman mahasiswa magang di PT.
Aksara Solopos atas bantuan dan kerjasamanya selama kegiatan magang
berlangsung.
Semoga kebaikan yang
mereka berikan kepada kami dalam menyelesaikan laporan ini mendapatkan pahala
dari Allah SWT. Penulis menyadari bahwa laporan ini masih banyak kekurangan dan jauh dari kata
sempurna. Oleh karena itu penulis mengharapkan kritik dan
saran yang membangun demi perbaikan dimasa yang akan datang.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi
pembaca.
Wassalamu’alaikum
Wr. Wb
HALAMAN
PENGESAHAN
Telah disetujui dan disahkan untuk
digunakan sebagai laporan pelaksanaan Praktik Kerja Bisnis di PT. Aksara Solopos
oleh Pemimpin Perusahaan, Dosen Pembimbing dan Kepala Program Studi Pendidikan
Akuntansi pada :
Hari :
Tanggal :
Surakarta, September 2016
Menyetujui,
Dosen Pembimbing Magang Pemimpin
Perusahaan
Muh. Choiril
Asmawan,SE.,M.Pd. Bambang
Natur Rahadi
Mengetahui,
Kepala
Program Studi Pendidikan Akuntansi
Dra. Titik
Asmawati,SE.,M.Si
DAFTAR ISI
JUDUL......................................................................................................... i
PERSETUJUAN
DAN PENGESAHAN.................................................. ii
KATA
PENGANTAR................................................................................ iii
DAFTAR
ISI................................................................................................ iv
BAB
I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang................................................................................... 1
B. Tujuan Praktek Kerja Bisnis (PKB)................................................... 2
C. Manfaat Praktek Kerja Bisnis............................................................ 2
D. Tempat dan Waktu Pelaksanaan........................................................ 3
BAB
II TINJAUAN UMUM PT. AKSARA
SOLOPOS
A. Profil Perusahaan (Sejarah Singkat
Perusahaan)................................ 4
B. Struktur Organisasi/Perusahaan
(Secara Umum)............................... 6
BAB
III TINJAUAN KHUSUS DAN DESKRIPSI PEKERJAAN
A. Struktur Organisasi Bagian................................................................ 10
B. Sistem dan Prosedur kerja................................................................. 10
C. Deskripsi kegiatan
yang dilakukan mahasiswa magang.................... 13
D. Tinjauan manfaat yang diperoleh selama kegiatan magang............... 15
BAB IV PENUTUP
A. Kesimpulan........................................................................................ 16
B. Saran.................................................................................................. 16
LAMPIRAN................................................................................................. 17
BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Pada
zaman sekarang ini seorang mahasiswa dituntut untuk memiliki kemampuan akademis
maupun kemampuam non akademis. Kemampuan akademis diperoleh dari kegiatan
akademis dari berbagai instansi pendidikan. Sedangkan kemampuan non akademis
dapat diperoleh dari kegiatan ekstra diluar kegiatan akademis seperti kemampuan
berorganisasi. Kemampuan berorganisasi merupakan bekal bagi seseorang untuk
nantinya melalui dunia kerja. Karena dalam dunia kerja kita dituntut
untuk mampu berinteraksi, berkomunikasi, dan bekerjasama dengan orang lain.
Dalam berorganisasi tidak hanya dapat diperoleh dari
dunia pendidikan tetapi juga dapat diperoleh dari dunia kerja. Melalui dunia
kerja mahasiswa dapat belajar dan secara langsung melihat dan mengamati segala
hal yang berhubungan dengan dunia kerja. Oleh karena itu Program Studi
Pendidikan Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Muhammadiyah Surakarta mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan Praktek Kerja
Bisnis (PKB) yang bertujuan untuk mengenalkan mahasiswa kepada dunia kerja. Praktik kerja bisnis (PKB) merupakan
mata kuliah dan sebagai bagian dari kurikulum baru tahun 2015 yang telah ditetapkan oleh
Rektor Universitas Muhammadiyah
Surakarta untuk dilaksanakan mulai tahun akademik 2015/2016 (Keputusan Rektor
UMS, Nomor: 133/II/2015 tentang pemberlakuan kurikulum baru (Kurikulum mengacu
KKNI). Dalam dunia bisnis tenaga ahli madya akuntansi dituntut memiliki dasar
kemampuan dalam mengolah sistem informasi sejak persiapan atau perencanaan
penyusunan informasi, pelaksanaan, sampai dengan penyajian atau pelaporan
informasi yang berkaitan denagn akuntansi atau manajemen bidang lain.
Praktek Kerja Bisnis (PKB) dilaksanakan dengan cara
latihan kerja (magang), untuk memberikan pengetahuan pada mahasiswa bagaimana
cara mengelola sistem informasi (Akuntansi) bagian keuangan, pembelian,
produksi, pemasaran dan personalia. Praktek Kerja Bisnis (PKB) dapat
dilaksanakan di berbagai instansi, baik swasta maupun pemerintah dan lembaga yang
berorientasi pada profit maupun lembaga non profit. Tetapi tidak dibenarkan
pada lembaga pendidikan SLTA ke bawah.
B.
Tujuan Praktik Kerja Bisnis
Adapun tujuan
dari Praktek Kerja Bisnis antara lain :
a.
Tujuan Umum
Untuk
memenuhi syarat mata kuliah
Praktek Kerja Bisnis semester lima dan
dapat mengetahui secara langsung dunia kerja.
b.
Tujuan Khusus
§
Menambah pengalaman sebagai bekal di dunia kerja.
§ Mahasiswa
dapat mengidentifikasi hasil pengelolaan kinerja
karyawan.
§ Mahasiswa
dapat memberikan tanggapan
terhadap persoalan yang ada di
perusahaan.
§ Mahasiswa dapat mempraktekkan
teori-teori ekonomi akuntansi yang telah di pelajari.
C.
Manfaat Praktik Kerja Bisnis
a. Memperoleh praktek langsung
tentang manajemen pengelolaan.
b. Mendapatkan konsep pemikiran yang
terpadu yang mampu menerapkan teori dan praktek dalam menganalisa suatu sistem
kerja.
c. Mendapatkan kesempatan untuk
beradaptasi dengan dunia kerja yang syarat dengan efisienitas dan disiplin.
d. Memperoleh praktek kerja langsung
lapangan dalam rangka menerapkan disiplin ilmu yang telah dipelajari dan
pengetahuan yang telah diterima selama kuliah.
D.
Tempat dan Waktu Pelaksanaan
Kegiatan Praktik Kerja Bisnis
dilaksanakan selama 1 bulan, yaitu pada bulan Agustus dan September. Adapun
waktu pelaksanaan Praktik Kerja Bisnis sebagai berikut :
a) Pelaksanaan
Praktik Kerja Bisnis dilaksanakan pada :
Waktu : 01 Agustus - 03 September
2016
Tempat : PT. Aksara Solopos
Divisi/Bagian : Sekretariat Redaksi
Alamat : Jl. Adi Sucipto No. 190 Solo
b) RincianWaktu
Senin – Jum’at : 10.00 – 18.00 WIB
Sabtu : 08.00 – 14.00 WIB
Minggu : Libur
BAB II
TINJAUAN UMUM PERUSAHAAN
A.
Profil Perusahaan
1.
Sejarah Solopos
Solopos adalah
surat kabar harian pagi yang terbit di Kota Surakarta, Jawa Tengah. Harian ini
terbit pertama kali pada September 1997. Penerbitnya adalah PT Aksara Solopos
yang juga menguasai saham percetakan PT Solo Grafika Utama, Radio Solopos FM, dan
tabloid olahraga Arena. Sejak Bulan Mei/Juni, tabloid olahraga Arena tidak
diterbitkan lagi. Koran terbesar di eks-Karesidenan Surakarta ini didirikan
oleh PT Jurnalindo Aksara Grafika (penerbit harian Bisnis Indonesia) yang kini
menguasai 80% saham. Selebihnya dimiliki oleh karyawan PT Aksara Solopos.
Dalam perkembangannya, Solopos telah
mengalami perubahan sebanyak empat kali. Pertama kali terbit pada 19 September
1997, Harian Umum Solopos tampil dengan logo huruf Solopos dengan warna hitam,
jumlah kolom 9 dan menggunakan huruf judul times center. Kemudian pada tanggal
24 September 2004, Harian Umum Solopos berubah untuk kali kedua dengan logo
huruf.
Solopos berubah warna menjadi biru
menyesuaikan dengan corporate color, jumlah kolom 9 dan huruf judul menggunakan
impact rata kiri. Perubahan ketiga terjadi pada tanggal 1 Agustus 2005, yakni
dengan berkurangnya jumlah kolom menjadi 8 kolom, huruf judul times rata kiri,
namun logo huruf Solopos masih menggunakan warna yang sama yakni biru. Kemudian
perubahan keempat terjadi pada tanggal 1 Januari 2006, di mana Harian Umum
Solopos tampil dengan 24 halaman yang terbagi menjadi 2 bagian yakni nasional
dan lokal. Penambahan halaman dilakukan untuk melebarkan sayap khususnya di wilayah
eks-Karesidenan Surakarta. Selain itu, hal itu juga untuk memperkaya konsumsi
informasi bagi para pembacanya. Harian Umum Solopos membagi polanya ke dalam
dua kategori yakni edisi harian dan edisi Minggu.
Perbedaan keduanya terletak pada cara
penyajian informasinya. Edisi
harian menekankan informasi-informasi yang bersifat aktual, sedangkan untuk
edisi Minggu informasi-informasi yang dihadirkan lebih bersifat ringan dan
berkaitan dengan kejadian-kejadian setiap hari yang dihadapi para pembaca.
2.
Sejarah Solopos.com
Solopos.com
bagian dari pengembangan Solopos yang terbit di Solo, Jawa Tengah, Indonesia.
Portal www.solopos.com, diluncurkan di Solo pada 19
September 2007 bertepatan dengan HUT Ke-10 Harian Umum Solopos. Solopos.com tak
hanya menghadirkan kabar tercepat dan terkini di Soloraya, namun juga informasi
di berbagai wilayah Nusantara hingga belahan dunia juga disajikan dengan
simple, mencerdaskan (smart) dan enak dibaca.
Alamat : Griya Solopos Jl Adisucipto 190 Solo 57145 Telepon
(0271) 724 811 Fax Redaksi (0271) 724 833 Fax Perusahaan (0271) 724850.
Email Redaksi :redaksidotcom@solopos.com
3.
Sejarah Solopos FM
PT. Solo Audio Utama (Solopos FM)
mengudara untuk siaran percobaan bulan April tahun 2004. Kemudian pada tanggal
3 Mei, mengalami perpindahan frekuensi
dari awalnya 97,75 FM ke 103,00 FM. Radio Solopos FM hadir di kota Solo dengan mengikrarkan sebagai radio berita
(news), dengan call station Solopos FM, berpositioning Jendela Informasi
Terkini, dengan panggilan pendengar (call listening). Dengan menetapkan target
pendengar pada usia 27 hingga 45 tahun untuk main, dan 25 hingga 50 tahun untuk
spread, radio ini hadir dengan status social ekonomi menengah atas, yang
terdiri dari professional, pengusaha swasta, dan para pengambil keputusan.
Sejak diudarakan dari tahun 2004 hingga kini radio Solopos FM, selalu berusaha
menyajikan acara-acara yang berkelas, yang sesuai dengan format stationnya dan
target pendengar yang sudah ditetapkan.
4.
Visi dan Misi Solopos
Visi Solopos adalah penyaji informasi
utama, terpercaya dengan pengelolaan usaha yang profesional. Sedangkan misi
dari Solopos yaitu membentuk sumber daya manusia yang kompeten dan bermoral,
selalu menyajikan informasi yang berimbang, akurat dan unggul dan
mensejahterakan stakeholders Solopos.
B.
Struktur Organisasi Perusahaan
Pemimpin
Umum : Prof Dr. H.
Sukamdani S. Gitosardjono
Direktur
Utama : Lulu
Terianto
Direktur : Bambang
Natur Rahadi
Redaksi
Pemimpin
Redaksi : Suwarmin
Redaktur
Pelaksana : Abu
Nadhif, Rini Yustiningsih
Redaktur
Senior : Mulyanto
Utomo
Dewan Redaksi : Ahmad Djauhar, Arief, Bayu,
Adhitya, Anton
Redaktur : Adib Masfar, Ahmad
Mufid Ariyono, Alvari Kunto Prabowo, Anik Sulistiawati, Astrid Prihatini
Wisnudewi, Ayu Prawitasari, Burhan Aris Nugroho, Danang Nur Ikhsan, Haryono
Wahyudiyanto, Ichwan Prasetyo, Ivan Indra Kesuma, Kalet Hasby, Ashs Hidiqy,
Mugi Suryono, Rahmat Wibisono, Ariyanta, R. Bambang Aris S, Rahmah Ermawati,
Syifaul Arifin, Suharsih, Tika Sekar Arum, Tri Wiharto, Yonantha Candra
Permana.
Staff
Redaksi : Abdul
Jalil, Akhmad Ludiyanto, Aries Susanto, Arif Fajar, Aziska Rifiastuti, Chrisna
Chaniscara, Farida, Trisnaningtyas, Hanifah Kusumastuti, Ika Yuniati, Indah
Septyaning, Irawan Sapto, Iskandar, Ivan Andi, Mahardini Nur Afifah, Mariana
Riki, Oriza Filosa, Septia Ryanthie, Shoqib, Tutut Indrawati.
Foto :
Ivanovich Aldiano, Sunaryo Haryo Bayu
Sekretariat
Redaksi :
Sri Handayani, Sugiman, Hayu Sulistyani
Manajer
Litbang Dan Pusdok : Sholahuddin
Asisten
Manajer Layout : Andhi Susanto
Pengembangan
Redaksi : Damar Sri Prakoso,
Ariyanto
Divisi Bisnis
Manajer
Iklan : Wahyu
Widodo
Manajer
Sirkulasi : Franky
Simon
Manajer
EO : Dewi
Lestari
Manajer
Promosi : Amir Tohari
Divisi IT
Manajer :
Trio Andrianto
Karyawan Solopos dibagi menjadi 2 bagian, dan tiap bagian
tidak boleh ikut campur satu sama lainnya. Tiap bagian bertanggung jawab pada
bagiannya masing-masing. Yaitu bagian Perusahaan dan Redaksi.
Divisi-divisi pada perusahaan Solopos :
1.
Divisi Marketing
Bertugas dalam mencari iklan yang masuk di Solopos, untuk
dikenalkan kepada masyarakat. Segala iklan yang masuk di solopos di tangani
oleh bagian marketing.Marketing solopos terdiri dari: 1. Koran, 2. Situs
web(.com), 3. Radio (Solopos FM), 4. Solopos TV
2.
Divisi Sirkulasi
Menghandle segala kegiatan yang berkaitan dengan penjualan
dan pendistribusian, percetakan dan pemesanan. Sistem penjualan Solopos
diserahkan ke agen-agen dan tidak dijual ke perorangan. Sistem pemesanan oleh
agen dilayani maksimal jam 11 malam dan sistem pembeliannya jual putus.
Sehingga agen yang telah membeli tidak dapat menukar ataupun mengembalikan
Koran kepada Solopos. Pemesanan tiap harinya bisa berubah-ubah, tergantung pada
permintaan dan pemesanan agen.
Peramalan yang digunakan tergantung pada pemesanan agen, jadi
Solopos tidak pernah mengalami kelebihan produk atau pengembalian produk dan
kekurangan produk. Koran yang tersisa bukan karena pengembalian, tetapi karena
miss print atau kerusakan saat pencetakan Koran.
Pemesanan Koran dilayani dibagian sirkulasi, yang kemudian
dilaporkan ke bagian produksi. Bahan baku Koran sendiri berupa kertas dan di
supply dari pabrik yang ada di Surabaya tiap harinya, sehingga berapapun
pesanan Koran, Solopos selalu siap sedia tidak pernah kekurangan bahan baku. Percetakan
Solopos tidak hanya mencetak Koran Solopos, namun juga mencetak Harian Jogja.
Proses percetakan dilakukan pada malam hari, dimulai dari jam 11 sampai jam 3
dini hari. Pada jam kerja diwaktu siang Percetakan Solopos membuka jasa
percetakan untuk umum, semisal pada pembuatan LKS, Al-Qur’an, maupun buku.
3.
Divisi Promosi
Bertanggung jawab untuk menjalin kerjasama dengan instansi
lainnya. Dan pengajuan proposal kerjasama apapun ditangani oleh bagian Promosi.
Divisi promosi merupakan divisi supporting yang dinilai untuk mencapai target
penjualan, dan membantu pengiklan agar tercapai targetnya.
4. Divisi
Keuangan
Mengatur perputaran keuangan tiap
harinya pada perusahaan, uang masuk dan uang keluar diatur pada divisi ini.
5. Divisi
Umum
Mengatur
kebutuhan rumah tangga kantor dan peralatannya, seperti meja, kursi, computer
baru, keperluan MMT, Souvenir dan lain-lain.
BAB III
TINJAUAN KHUSUS DAN
DESKRIPSI PEKERJAAN
A.
Struktur
Organisasi Bagian
Berikut gambar struktur
organisasi bagian Sekretariat Redaksi
Manajer Sekred
Staff
Sekred
Staff Setter
Keterangan
:
Manajer Sekretariat Redaksi :
Sri Handayani
Staff Sekretariat Redaksi : Hayu Sulistiani
Staff Setter :
Sugiman
B.
Sistem
dan Prosedur Kerja
Berdasarkan ruang lingkup sistem prosedur
kerja atau tugas sekretaris dikelompokkan menjadi 8 (delapan) yaitu:
a. Tugas-tugas Rutin
Yaitu tugas-tugas yang dikerjakan
setiap hari tanpa perintah. Tugas ini meliputi:
1) Membuka surat.
2) Menerima tamu.
3) Menerima telepon.
4) Menyimpan arsip/surat.
5) Menyusun dan membuat jadwal kegiatan
pimpinan.
b. Tugas-tugas Khusus
Yaitu
tugas yang diperintahkan langsung oleh pimpinan kepada sekretaris dengan penyelesaiannya
secara khusus. Tugas ini diberikan karena adanya unsur kepercayaan bahwa tugas
sekretaris mampu menyimpan rahasia perusahaan. Tugas ini meliputi:
1) Mengonsep surat perjanjian kerjasama
dengan relasi atau instansi luar.
2) Menyusun surat rahasia (confidential).
3) Menyusun acara pertemuan bisnis.
4) Pembelian kado atau cindera mata.
c. Tugas-tugas istimewa
Yaitu
tugas yang menyangkut keperluan pimpinan, antara lain:
1) Membetulkan letak atau posisi alat
tulis pimpinan serta perlengkapan yang diperlukan.
2) Mewakili seseorang menerima
sumbangan untuk dana atau keperluan kegiatan lainnya.
3) Mengingatkan pimpinan membayar iuran
atau asuransi dari suatu badan atau instansi.
4) Memeriksa hasil pengumpulan dana
atau uang muka dari instansi yang diberikan sebagai dana kesejahteraan.
5) Menghadiri rapat-rapat dinas,
sebagai pendamping pimpinan selama mengadakan pertemuan bisnis.
6) Mengadakan pemeriksaan peralatan
kantor, mana yang perlu diperbaiki dan mana yang tidak perlu diperbaiki atau
penambahan alat-alat dan sarana kantor.
d. Tugas Sosial
Tugas sosial, meliputi:
2) Mengatur penyelenggaraan acara
kantor beserta pengurusan undangannya.
e. Tugas Keuangan
Biasanya sekretaris mengurusi keuangan yang dinamakan petty cash (uang cadangan/kas kecil).
Tugas keuangan ini antara lain:
1) Menangani urusan keuangan pimpinan
di Bank, misalnya: penyampaian penyimpanan uang di Bank, penarikan cek,
pengambilan uang dari Bank.
2) Membayar rekening-rekening, pajak,
sumbangan dana atas nama pimpinan.
3) Menyimpan catatan pengeluaran
sehari-hari untuk pimpinan dan penyediaan dana untuk keperluan sehari-hari.
f. Tugas Resepsionis
Tugas sekretaris sebagai resepsionis, yaitu:
1) Menerima dan menjawab telepon serta
mencatat pesan-pesan lewat telepon.
2) Menerima tamu yang akan bertemu
dengan pimpinan.
3) Mencatat janji-janji untuk pimpinan.
4) Menyusun acara kerja sehari-hari
pimpinan.
g. Tugas incidental
Merupakan
tugas yang tidak rutin dilakukan oleh sekretaris meliputi:
2) Membuat ikhtisar dari berita-berita
dan karangan yang termuat dalam surat kabar, majalah, brosur, dan media-media
lain yang ada kaitannya dengan kepentingan perusahaan.
3) Mengoreksi bahan-bahan cetakan,
misal: brosur, undangan, formulir, dan daftar yang dikonsep oleh perusahaan.
4) Mewakili pimpinan dalam berbagai
resepsi atau pertemuan.
h. Tugas sekretaris dalam Business
Meeting (pertemuan bisnis)
Pertemuan bisnis (Business
Meeting) ini terjadi ketika dua orang atau lebih saling menerima dan
memberi sesuatu berupa informasi, menyimak kembali kemajuan, memecahkan masalah
dan menciptakan yang baru. Tugas inilah yang cukup berat dan melelahkan bagi
sekretaris untuk mengorganisir pertemuan-pertemuan tersebut.
C.
Deskripsi
kegiatan yang dilakukan mahasiswa magang
NO
|
TANGGAL
|
AKTIVITAS MAGANG
|
1.
|
1
Agustus 2016
|
Perkenalan pekerjaan selama magang di sekretariat redaksi Solopos.
|
2.
|
2
Agustus 2016
|
Input Press
Release dan
mendistribusikan kepada redaktur yang bersangkutan, serta memasukkan agenda
harian
|
3.
|
3
Agustus 2016
|
Input
honor atas naskah yang telah dimuat dalam rubrik Solopos
|
4.
|
4
Agustus 2016
|
Menerima Press Release dari beberapa institusi dan perusahaan untuk
meminta liputan
|
5.
|
5
Agustus 2016
|
Menerima Press Release, serta
memasukkan kedalam agenda harian
|
6.
|
6
Agustus 2016
|
Menerima dan mengecek naskah gagasan, mingguan yang akan dimuat dalam
koran solopos
|
7.
|
7
Agustus 2016
|
Libur
|
8.
|
8
Agustus 2016
|
Input
honor TTS/TTSB dan OAG
|
9.
|
9
Agustus 2016
|
Menerima tawaran dari pihak
yang akan mengeluarkan iklan pada koran solopos.
|
10.
|
10
Agustus 2016
|
Menerima dan mengecek naskah
gagasan yang akan
dimuat pada Koran
|
11.
|
11
Agustus 2016
|
Menerima kunjungan dari The Sunan Hotel
|
12.
|
12
Agustus 2016
|
Input Press Release dan mendistribusikan kepada redaktur yang
bersangkutan,
serta memasukkan agenda harian
|
13.
|
13
Agustus 2016
|
Menerima dan mengecek nota pengeluaran atas naskah
|
14.
|
14
Agustus 2016
|
Libur
|
15.
|
15
Agustus 2016
|
Mengitung honor naskah mingguan dan harian
|
16.
|
16
Agustus 2016
|
Mengklarifikasi honor kepada penerima honor naskah
|
17.
|
17
Agustus 2016
|
Libur
|
18.
|
18
Agustus 2016
|
Melayani panggilan telepon dan melakukan hubungan
langsung ke narasumber untuk kepentingan wawancara atas permintaan reporter
dan redaktur
|
19.
|
19
Agustus 2016
|
Menata dan mengatur undangan dari instansi
perusahaan, atau lembaga yang berkaitan dengan pemberitaan
|
20.
|
20
Agustus 2016
|
Menghitung honor naskah atas pph pasal 21
|
21.
|
21
Agustus 2016
|
Libur
|
22.
|
22
Agustus 2016
|
Menerima
dan membukukan setoran kas yang masuk
|
23.
|
23
Agustus 2016
|
Memperbanyak dokumen yang dibutuhkan reporter dan
redaktur
|
24.
|
24
Agustus 2016
|
Menghubungi sumber berita atau instansi untuk
pendaftaran, konfirmasi, atau pembatalan undangan, wawancara, dan kunjungan
kerja
|
25.
|
25
Agustus 2016
|
Menerima kunjungan dari ombudsman
|
26.
|
26
Agustus 2016
|
Menyimpan salinan kartu pers dan foto untuk
mensupport kebutuhan kerja para wartawan dalam meliput suatu acara
|
27.
|
27
Agustus 2016
|
Menerima dan mengecek kembali nota pengeluaran
reporter dan penulis naskah
|
28.
|
28
Agustus 2016
|
Libur
|
29.
|
29
Agustus 2016
|
Menerima Press Release, memasukkan kedalam agenda harian
|
30.
|
30
Agustus 2016
|
Menghitung honornaskah harian dan mingguan berdasarkan pph pasal 21
|
31.
|
31
Agustus 2016
|
Menyediakan peralatan kerja redaksi seperti : notebook, alat tulis,
amplop, steples, tape, dsb
|
1.
|
1
September 2016
|
Menerima, melengkapi biodata penerima honor, dan mengecek nominal yang
tertera
|
2.
|
2
September 2016
|
Menerima komplain dari pihak yang terkait dalam surat kabar solopos
|
3.
|
3
September 2016
|
Menerima kunjungan dari celebrity fitness dan putri pariwisata
|
D.
Tinjauan
manfaat yang diperoleh selama kegiatan magang
1.
Memperluas pengetahuan mahasiswa dalam lingkungan dunia
kerja.
2.
Memberi informasi tentang cara kerja dan tenaga kerja
perusahaan.
3.
Mendapatkan konsep pemikiran yang terpadu yang mampu menerapkan teori dan
praktek dalam menganalisa suatu sistem kerja.
4.
Mendapatkan kesempatan untuk beradaptasi dengan dunia kerja yang syarat
dengan efisienitas, disiplin dan tanggung jawab.
5.
Memperoleh praktek kerja langsung lapangan dalam rangka menerapkan disiplin
ilmu yang telah dipelajari dan pengetahuan yang telah diterima selama kuliah.
BAB IV
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Dalam
dunia bisnis tenaga Ahli Akuntansi dituntut memiliki dasar kemampuan dalam
mengelola sistem informasi sejak persiapan/perencanaan penyusunan informasi,
pelaksanaan, sampai dengan penyajian/pelaporan informasi yang berkaitan dengan
akuntansi atau bidang manajemen lain
serta
mempunyai skill yang matang yang nantinya dapat
diterapkan dalam dunia kerja.
Pelajaran yang didapat di
perkuliahan tidak cukup apabila tidak
disertai dengan praktek.
B.
Saran
Berdasarkan hasil Praktek Kerja Bisnis
dan keterbatasan maka disarankan
hal-hal sebagai berikut:
1)
Meningkatan sumber daya
manusia secara keseluruhan agar pegawai mampu menjalankan tugas-tugasnya dengan
baik.
2)
PT.
Aksara Solopos hendaknya memberi fasilitas yang memadai demi kemudahan dalam
melakukan kegiatannya dan keseriusan karyawan.
3) Praktek
Kerja Bisnis yang diselenggarakan selain mendapatkan ilmu juga memperoleh pengalaman kerja yang kelak dapat bermanfaat
di lingkungan dunia kerja. Kegiatan itu bisa secara langsung dikerjakan oleh
mahasiswa sesuai dengan bagian yang telah ditentukan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar